KOMUNIKASI
Defini
Komunikasi
Komunikasi adalah
bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja
atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa
verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni dan teknologi.
(Shannon & Weaver)
Komunikasi adalah suatu
proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa
sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya
yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator. (Raymond S. Ross).
Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”),secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.
Komunikasi
secara terminologis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan
oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlibat
dalam komunikasi adalah manusia. Karena itu merujuk pada pengertian Ruben dan
Steward(1998:16) mengenai komunikasi manusia yaitu:
Human
communication is the process through which individuals –in relationships,
group, organizations and societies—respond to and create messages to adapt to
the environment and one another. Bahwa
komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu
hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan
pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.
Hafield menyatakan suatu definisi
baru mengenai pengertian komunikasi, ia menyatakan bahwa
“komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih melakukan
pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba
pada saling pengertian”
Dalam kata communis terdapat
makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki
tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. Jadi, Komunikasi adalah
suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada
pihak lain. Pengertian Komunikasi Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia (KBBI terbitan Balai Pustaka, 2002), komunikasi adalah: (1) Pengiriman dan
penerimaan pesan antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat
dipahami, hubungan, kontak. (2). Perhubungan
Dimensi
Komunikasi
Dimensi Isi
Dimensi isi disandi
secara verbal dan menunjukkan muatan (isi) komunikasi, yaitu apa yang
dikatakan. Dalam komunikasi massa, dimensi isi merujuk pada isi pesan.
Dimensi Hubungan
Dimensi hubungan
disandi secara nonverbal dan menunjukkan bagaimana cara menunjukkan dan
mengisyarakatkan bagaimana proses komunikasi antara satu sama lain dan
bagaimana seharusnya pesan tersebut disampaikan. Dalam komunikasi massa dimensi
hubungan merujuk kepada unsur-unsur lain, termasuk juga jenis saluran yang
digunakan untuk menyampaikan pesan tersebut. Contoh: pengaruh artikel dalam
surat kabar bukan bergantung pada isinya, namun bergantung juga pada siapa
penulisnya, jenis huruf yang digunakan, warna tulisan yang dipakai, dll.
Dimensi Arah
Komunikasi dalam
konteks ini dibagi menjadi dua, yaitu komunikasi satu arah dan komunikasi dua
arah. Komunikasi satu arah merupakan satu orang memberikan informasi kepada
orang lainnya tanpa ada timbal balik, sedangkan komunikasi dua arah merupakan
komunikasi dimana satu orang memberikan informasi ke orang lain, dan orang lain
juga memberikan informasi, sehingga terjadi pertukaran informasi diantara
keduanya.
Daftar Pustaka:
Sehfudin, Arif.
2011. Dalam Skripsi: Pengaruh Gaya Kepemimpinan Komunikasi Organisasi Dan
Motivasi kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi: Semarang
Siregar, Kholijah.
2006. Hubungan Gaya Kepemimpinan Dengan Kepuasan Kerja Karyawan (Kasus Bagian
Produksi). Skripsi: Bogor
Rogers, Everett. &
Shoemaker F. Flaoyd. 1971, Communication of Innovation. London: Free Press
Macmillan Publishing
Ochojana, Onong
Effendy. 1990. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Mulyana, Deddy. 2002.
Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar